Framework. Apaan sih ?


framework

Akhir-akhir ini banyak sekali yang bertanya sama saya.

“Lo, Bisa CI (CodeIgniter) , gak?”

Dari pertanyaan tadi saya akan mencoba menjelaskan apa sih bentuknya framework itu, apa cetakan kue, cetakan batako, ato yang laen deh…

Sebelum menjelaskan pengertian dari framework itu. kita dengar sedikit ilustrasi/ gambaran tentang framework dibawah ini :

Amir adalah seorang programer freelance. Ia baru lulus kuliah, dan sedang mencari kerja. Sebelum ia mendapatkan pekerjaan di sebuah perusahaan, atas koneksi rekan-rekannya ia berhasil mendapatkan sebuah proyek untuk pembuatan website. Dengan senang hati ia menerima dan mengrjakan website itu.

ia mendesain sistem dan melakukan coding dari awal, sehingga cukup menguras energi. Singkat kata dalam waktu satu bulan, ia baru  berhasil menyelesaikan proyeknya tersebut.

Akhirnya, proyek selesai dan client senang dengan pekerjaannya. Honor yang terima lumayan besar untuk sekedar membeli pulsa atau amplop coklat besar untuk lamaran kerja. Kemudain client juga bersedia merekomendasikannya jika ada perusahaan lain ingin membuat website.

Dua minggu kemudian, perusahaan lain memesan sebuah website dengan fitur yang hampir sama dengan proyek pertamanyan. Langsung saja proyek itu diterima dan dikerjakan.

Amir kembali melihat kode program pada proyek pertamanya, mengedit bagian yang perlu dan menggunakannya pada proyek yang kedua. Sehingga pada proyek kali ini berhasil menyelesaikannya dalam dua minggu.

Dalam pembuatan website kedua, Amir menyadari bahwa ada bagian-bagian program yang biasanya harus selalu ada untuk digunakan. misalnya kode untuk koneksi ke database MySQL, membuat pagination untuk penampilan data, atau email. Dengan demikian, Amir membuat koleksi kode program yang bisa menghemat tenaga dan waktunya dalam mengerjakan sebuah website.

Apa yang dilakukan Amir adalah cikal bakal sebuah framework, Sehingga dalam pengertian yang sangat sederhana,

Framework :koleksi atau kumpulan potongan-potongan program yang disusunatau diorganisasikan sedemikian rupa, sehingga dapat  digunakan untuk membantu membuat aplikasi utuh tanpa harus membuat semua kodenya dari awal

Berikut ini adalah contoh framework :

Framework Berbasis PHP

Framework Berbasis Javascript

Sumber :

http://tutorial.dumbstrack.org/javascript-framework-dan-10-framework-terbaik/

buku : Membangun web berbasis PHP dengan Framework CodeIgniter – penerbit : lokomedia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: